Kenali 5 Kegiatan / Aktivitas Utama Di E-Commerce Warehouse Management

Para pengusaha yang bergerak dalam bidang e-commerce tentunya sudah tidak asing dengan istilah e-commerce warehouse management. Namun hal ini jelas berbeda bagi masyarakat awam, yang memang tidak bekerja pada bidang tersebut serta tidak memiliki perusahaan e-commerce. Pada dasarnya manajemen gudang dari perusahaan e-commerce dikenal dengan peranan penting,yang dimilikinya, khususnya peran yang berkaitan dengan tempat penyimpanan barang sebelum barang itu sendiri dilakukan pengemasan serta pengiriman pada pihak pemesan.

Dikenal sebagai tempat penyimpanan, manajemen gudang tentunya berkaitan pula dengan sistem pencatatan dari alur keluar masuk barang yang ada, termasuk beragam hal lainnya yang juga turut di atur di dalamnya. Hal tersebut dikenal dengan beragam peraturan karena memang berkaitan dengan tindakan pencegahan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan demikian, manajemen gudang itu sendiri dapat dinyatakan sebagai  sistem pengelolaan dari aktivitas yang berkaitan dengan penyimpanan barang serta hal-hal yang berhubungan dengannya dalam waktu sementara.

Dari penjelasan di bagian atas tadi, maka dapat dipastikan bahwa aktivitas dari manajemen gudang itu sendiri dapat dibagi menjadi beberapa hal, seperti :

  1. Kegiatan administrasi

Kegiatan administrasi e-commerce warehouse management umumnya berkaitan dengan sistem pengeluaran serta pemasukan dana yang ada pada perusahaan e-commerce itu tadi. Dengan kata lain, setiap kegiatan administrasi tersebut diupayakan agar selalu tercatat secara keseluruhannya, karena dengan demikian, dapat memudahkan pihak perusahaan tentunya dalam melakukan produksi barang selanjutnya.

  1. Proses penerimaan barang

Selain kegiatan administrasi, manajemen gudang juga dikenal dengan aktivitasnya dalam hal penerimaan barang. Hal ini bahkan diatur secara penuh utamanya agar perusahaan dapat melihat sejauh mana serta sebesar apa dana yang masuk serta barang apa saja yang kiranya masuk atau didapatkan oleh perusahaan itu tadi.

  1. Penyimpanan barang

Barang yang kemudian masuk ke dalam manajemen gudang tentunya akan disimpan dan diperlakukan secara khusus di dalam gudang itu tadi. Hal ini juga bergantung pada jenis barang itu sendiri, seperti halnya pada bentuk barang fresh dari buah-buahan atau bahkan sayuran, maka ia pun akan mendapatkan tempat penyimpanan khusus seperti freezer yang dapat menjaga kualitas kesegaran yang dimilikinya, sehingga barang tersebut pun dapat terjaga dengan lebih baik,

  1. Packing barang atau pengemasan

Packing atau pengemasan adalah kegiatan yang dilakukan sebelum proses pengiriman barang dilakukan. Kegiatan ini ditujukan agar barang yang hendak dikirim dapat terbungkus atau terjaga dengan lebih rapi sebelum produk tersebut dikirimkan pada konsumen dengan kondisi terbaik yang dimilikinya.

  1. Proses pengiriman barang

Setelah melewati beberapa aktivitas atau tahapan langkah di bagian atas tadi, umumnya barang tersebut pun akan mengalami proses pengiriman barang atau pengeluaran barang dilakukan dari dalam gudang menuju luar. Beragam jenis barang yang keluar itu tadi tentunya harus tercatat sesuai dengan aturan manajemen yang ada, sehingga pengaturan pada sistem manajemen gudang dari perusahaan e-commerce pun dapat dilakukan dengan lebih rapi, efektif, dan efisien.

Itulah kiranya penjelasan singkat dari beberapa kegiatan atau aktivitas di e-commerce warehouse management.

Share on:

Leave a comment