Genset diesel vs genset bensin

Suatu ketika kita melihat website distributor genset dan kemudian dihadapkan pada dua tipe pilihan genset yang utama berdasarkan bahan bakar: diesel dan bensin. Biasanya memang distributor genset akan menyediakan dua tipe utama ini. Apa saja perbedaannya?

Salah satu kelebihan utama yang dimiliki genset diesel dibandingkan genset bensin adalah efisiensinya. Genset diesel memakan bahan bakar lebih sedikit dibandingkan tipe bensin. Alasannya adalah karena pada genset diesel, tekanan (kompresi) yang membuat bahan bakar menyala dan terbakar. Diesel dan udara masuk ke dalam mesin secara terpisah terlebih dahulu. Ketika udara terkompresi, barulah bahan bakar dipertemukan. Akibatnya, mesin lebih efisien dan menggunakan bahan bakar lebih sedikit.

 

Sebaliknya, mesin tipe bensin mencampurkan bahan bakar dan udara di karburator sebelum kompresi. Akibatnya efisiensi penggunaan bahan bakar berkurang. Mungkin di sini jadi muncul pertanyaan kenapa kemudian bahan bakar tipe bensin populer digunakan untuk kendaraan bermotor sehari-hari? Ini karena untuk membuat mesin tipe bensin jauh lebih murah dibandingkan mesin tipe diesel. Dalam kasus genset, diesel menjadi lebih populer karena diperlukan asupan energi yang stabil dalam jangka panjang. Di sini, efisiensi diesel menjadi pertimbangan utama dalam penggunaannya sebagai sumber listrik.

 

Dulu, genset diesel identik dengan suara yang berisik. Jadi, penggunaannya di daerah padat penduduk sangat terbatas. Tapi, seiring berkembangnya teknologi, tipe diesel baru yang disediakan distributor genset sudah tidak terlalu berisik lagi.

 

Genset diesel juga dikenal dengan kebandelannya. Sebuah genset diesel bisa digunakan selama 12.000 hingga 30.000 jam sebelum perlu untuk diservis. Sementara genset bensin bisa memerlukan rentang waktu 6.000 hingga 10.000 jam operasi untuk kemudian diservis secara berkala. Genset diesel lebih tahan dalam jangka waktu lebih lama karena bensin terbakar menghasilkan suhu yang lebih panas dibandingkan diesel. Akibatnya banyak komponen yang perlu digantikan pada genset tipe bensin. Nah, pertimbangan kelengkapan komponen ini menjadi salah satu yang perlu diperhatikan dalam memilih distributor genset. Distributor genset yang baik memiliki jumlah dan tipe komponen yang lengkap serta layanan service yang baik.

Share on:

Leave a comment