Tidak Semua Gempa Menyebabkan Tsunami

Gempa bumi terjadi karena ada pergeseran lempeng bumi atau aktivitas lempeng bumi. Lempeng bumi yang bergerak menyebabkan gerakan yang terjadi di bawah laut dan menyebabkan terganggunya keseimbangan sir yang ada di laut. Gempa yang terjadi di darat juga bisa menyebabkan tsunami jika patahan yang terjadi hingga ke lempeng bawah laut.

Berdasarkan berita nasional, gempa bumi yang terjadi di Indonesia cukup sering terjadi. Dan hal ini tentu saja benar adanya. Namun tidak semua gempa bumi bisa menyebabkan terjadinya tsunami. Meskipun gempa yang terjadi cukup besar namun kemungkinan juga tidak menyebabkan tsunami.

Gempa Penyebab Tsunami

Berdasarkan informasi yang ada, gempa yang menyebabkan tsunami sebagian besar dikarenakan karena gempa bumi yang terjadi di dasar laut. Gempa bumi yang terjadi di dasar laut ini terjadi karena tabrakan lempeng bumi yang menyebabkan dasar laut mengalami gerakan yang mengganggu keadaan air yang ada di atasnya.

Namun meskipun demikian juga tidak menutup kemungkinan jika gempa bumi yang terjadi di daratan bisa menyebabkan terjadinya tsunami. Hal ini terjadi jika patahan yang terjadi terus memanjang sampai berada ke lempengan yang ada di bawah laut. Maka tentu saja hal ini bisa menyebabkan tsunami.

Selain gempa tektonik, gempa vulkanik atau gunung berapi juga kerap menyebabkan terjadinya tsunami. Terutama jika gunung api berada di dasar laut. Selain itu adanya longsoran di bawah laut dan juga runtuhan di bawah laut juga menyebabkan terjadinya tsunami.

Namun besarnya magnitudo gempa bukan lah satu – satunya hal yang bisa menentukan apakah gempa yang terjadi bisa menyebabkan tsunami atau tidak. Jika lapisan bumi yang ada di dasar laut ikut bergerak, naik turun maka tentu saja bisa menyebabkan tsunami.

Dampak Tsunami

Tentu saja dampak dari terjadi nya tsunami cukup besar. Apa pun jenis bencana alam yang terjadi tentu saja tidak ada yang diharapkan kedatangannya. Dampak yang diakibatkan oleh adanya bencana tsunami ini ialah terjadinya kerusakan dimana – mana.

Baik kerusakan fisik berupa bangunan atau bukan, gelombang yang cukup besar ini bisa menyapu dataran yang ada. Baik daerah yang ada di sekitar pantai, atau bahkan daerah yang cukup jauh dari area pantai. Tentu saja kerusakan yang terjadi bisa merugikan setiap orang.

Bahkan yang lebih parahnya ialah banyak orang yang kehilangan orang – orang terkasih, baik itu teman, rekan kerja, sahabat, bahkan sanak saudaranya. Banyak juga diantara korban yang mengalami trauma dan memerlukan bantuan untuk memulihkan keadaan orang tersebut.

Anda bisa mengetahui lebih banyak mengenai bencana yang sedang terjadi di Indonesia. Berita nasional akan terus di update oleh pihak yang berwenang agar mengetahui informasi terbaru yang ada.

Share on:

Leave a comment