Baja Ringan Terbaik Untuk Struktur Atap Rumah Masa Kini

Dalam dunia konstruksi, saat ini struktur baja ringan terbaik untuk atap rumah menjadi primadona. Dengan sifat dasar baja ringan yang ringan tapi kuat membuatnya bisa mengungguli kehebatannya dari struktur kayu atau baja pada umumnya. Tertarik untuk menggunakannya? Berikut keunggulannya.

Kekuatan dengan daya tarik tinggi

Walaupun ringan, tapi struktur baja ringan memiliki tegangan tarik yang tinggi, yakni sebesar 550 Mpa. Bahkan lebih besar dibandingkan dengan baja konvensional yang hanya 300 Mpa. Pasalnya, baja ringan sendiri memiliki sifat lentur dan bisa menarik energi dalam jumlah yang besar.

Berbeda dengan material kayu yang bersifat keras dan getas yang bisa mudah hancur. Kekuatan tegangan dari struktur baja ringan bisa membuatnya tetap bertahan stabil tanpa adanya keruntuhan.

Instalasi mudah dan efisien

Dengan sifat bahannya yang ringan, maka proses instalasi struktur baja ringan terbaik akan lebih cepat, hemat waktu, biaya dan tenaga. Dengan bobotnya yang ringan akan sangat mempermudah proses konstruksi bangunan rumah. Bukan hanya itu saja, struktur baja ringan untuk atap rumah juga tidak memiliki sistem yang rumit.

Untuk menyambung struktur baja ringan bisa dilakukan dengan menggunakan baut, keling atau las. Bahkan, baja ringan bisa digunakan dan disambung dengan material lainnya, seperti kayu atau beton.

Bentuknya yang bervariasi

Struktur baja ringan bisa digunakan untuk berbagai macam variasi model atap. Walaupun begitu, harus disesuaikan dengan beban yang akan diterima oleh atap tersebut. Apabila memang ingin membuat struktur baja ringan lebih kuat, maka jarak antar baja ringan juga harus dibuat lebih rapat. Untuk maksimal tegangan dari baja ringan sendiri adalah 150 cm.

Daya tahan yang panjang

Walaupun terbuat dari logam, namun struktur baja ringan terbaik memiliki kualitas daya tahan yang cukup tinggi. Struktur baja ringan tidak mudah lapuk dan menyusut, bahkan karena perubahan cuaca sekalipun. Bukan hanya ini, baja ringan juga terhindar dari serangan rayap dan anti karat. Dengan begitu, tidak perlu ada finishing untuk struktur baja ringan.

Walaupun begitu, dalam menentukan struktur baja ringan terbaik jaga harus diperhatikan. Kualitas baja terbaik tidak terlalu ringan atau lentur. Sedangkan untuk jenisnya lebih baik jenis baja ringan zincalum karena memang lebih baik daripada jenis galvanine.

Share on:

Leave a comment